Teman Seperjalanan


Nge-trip ke Bromo. Gembar-gembornya sih udah mulai terdengar dari semenjak jamannya aku ngekos (sekitar tahun 2010-an). Waktu itu kalo ga salah yang kasih ide tuh Mba Ratih/Mba Sinta (mbak kos aku di Semarang). Tapi sampai semua penghuni kos angkatan kita habis, rencana itu ga pernah terealisasi. Capek deh! Tapi aku kayanya masih belum kehabisan semangat untuk bisa mengumpulkan mereka dalam rencana “kapan tau” kita itu. Dari mulai ngompor-ngomporin lewat sms, facebook, email, tetep aja ga keliatan hasilnya. Semua itu tambah susah direalisasikan karena kita udah kesebar ke seluruh pelosok Jawa (bahkan sekarang udah ada yang stay di Turki untuk S2-nya). Euh!

Salah satu posting-an aku di grup fb yang semangat banget ngajakin anak-anak kos ke Bromo

Sampai suatu hari di bulan Juli 2012, Mba Sinta bbm aku (udah punya BB, jadi ngabarinnya udah ga lewat sms lagi) yang isinya ngajakin pergi kesono untuk 3D2N. Alamak, mepet banget ngabarinnya, dan sialnya itu pas lagi numpuk-numpuknya kerjaan! Dengan sangat berat hati, aku relakan kesempatan emas itu, hiks. Padahal saat itu pas ada acara Bromo jazz di sana. Mba Sinta akhirnya pergi bareng sama Mba Ratih, Mba Umi, dan satu teman mereka (I don’t know her name).

Calendar, where is calendar?! Yes, pas banget nih. Tanggal 15 November 2012 ada libur tahun baru Hijriyah di hari Kamis, dan Jumat-nya ada tulisan cuti bersama. Pas banget ini, dan apapun yang terjadi aku harus bisa kesana di hari itu. Tapi, sama siapa? Euh, lagi-lagi terkendala dengan hal ini. Sumpah, aku udah kaya orang yang ga punya temen di dunia. Gimana enggak, ngajakin adek: ada acara kampus; ngajakin temen kuliah: yang satu belum pasti, yang satu ada acara juga dari kantornya; ngajakin sodara: ntar gue dong yang ngebayarin (bukan pelit, tapi hemat); ngajakin orang tua: tambah ga jelas kemana arahnya. Euh! I hate this! Padahal yang namanya artikel tentang Bromo udah berpuluh-puluh kali aku baca, aku pelototin foto-foto orang-orang yang udah pernah kesana, aku jadiin DP bbm aku, sampe-sampe aku hapal sendiri rute yang harus aku lalui untuk bisa sampai kesana dari Jakarta. Edan!

Sampai tiba hari itu. Ga sengaja aku kesasar di salah satu blog yang nyantumin alamat web. Pas aku buka alamatnya ternyata web itu adalah suatu forum dimana kita bisa ngumpulin orang untuk jadi teman seperjalanan kita. Wuidih, gitu dong! Tanpa pikir panjang aku langsung bikin thread yang isinya ngajakin jalan ke Bromo, sekalian ke Malang. Mantap! Sempet deg-degan juga waktu bikin, takut ga laku 😦 Secara aku bikin thread-nya sekitar tanggal 23 Oktober 2012 untuk agenda trip tanggal 15-18 November 2012, mepet banget kan? But I still optimistic!

Nyasar ke forum Backpacker Indonesia. Karena thread-nya udah expired, jadi link-nya ga bisa kebuka lagi, hehehe…

Sehari, nihil. Satu setengah hari, masing mlompong. Huaa, mulai pesimis. Tapi pas hari kedua, tiba-tiba ada sms masuk, ga ada namanya, dan pas aku bukaaa, hiyaaa dari orang pertama yang berminat gabung trip aku! Asik! Pesimisnya ilang, ganti lagi jadi optimis. Sejak hari itu, mulai banyak yang sms/bbm/telpon. Duh, keteteran juga, tapi seru. Mulai dari yang berminat banget, yang cuma sekedar tanya seat, berminat tapi kehabisan tiket kereta ekonomi dan akhirnya ga jadi join,  sampe dateng Mas Ardyan yang jadi dewa penolong trip aku kali ini. Lebay ya kedengerannya (emang), tapi ya emang begitu. Awalnya kalo ga ada Mas Ardyan, mungkin aku bakal ngegembel habis ke Bromo dan Malang, plus ga bakal mampir ke objek wisata lainnya. Duh, alhamdulillah. Tetep, selalu ada kisah di setiap perjalanan, bahkan ketika perjalanan itu belum sampai dimulai.

Singkat cerita, setelah melalui proses audisi dan eliminasi, daftar dan batal, bahkan ada lho yang akhirnya mengundurkan diri gara-gara dia ngira kita travel agent yang sengaja cari untung di trip ini (capek deh), finally terkumpulah 12 orang yang completely fix join our trip dengan tujuan ga cuma ke Bromo dan Agro Wisata. Dari aku ada fix 8 orang (aku, Fandi, Mba Ika, Mba Sari, Mas Yusuf, Gemah, Ririn, dan Mas Aris) dan dari Mas Ardyan ada 4 orang (Mas Angga, Lasma, Sara, dan Gege). Duh, senangnya punya temen baru. Ga tau ya, seneng aja rasanya soalnya ini emang pengalaman pertama aku nge-trip sama “orang-orang baru” melalui “cara yang baru” juga. See, maybe it will work in you, too. Just try it!

Email dari Mas Ardyan yang isinya itinerary terbaru untuk trip kita. Makasih banyak ya mas… 😀
Advertisements

3 thoughts on “Teman Seperjalanan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s