Fly to North Sumatra, Mejuah-juah Taman Simalem Resort


Sekali ini merupakan suatu keberuntungan buatku, karena bisa “bepergian” keluar pulau dalam rangka pekerjaan, hehe.. Boleh lah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, artinya kerjaan selesai, jalan-jalan juga beres!

Kali ini dinas luar kami (ceileee gaya bener kaya pejabat aja) adalah Sumatra Utara. Lokasi tepatnya adalah di Taman Simalem Resort. Wah apaan lagi tuh, belom pernah denger. Dasar katrok, akhirnya aku pun browsing. Ternyata ini adalah salah satu resort mewah di kawasan Danau Toba. Uwooo, aku mau ke Toba, asiikkk..

FYI aja nih, baca dari brosurnya Taman Simalem yang pake bahasa Inggris (jadinya aku harus nranslate dulu, fiuh), resort ini terletak di barat laut-nya dataran tinggi Danau Toba, salah satu danau kawah tertinggi dan terdalam di dunia. Untuk dapat ke tempat ini dapat ditempuh selama 45 menit dari Berastagi atau 2,5 jam dari Medan (kalau aku kemaren sampai 4 jam lho dari Medan). Luas dari resort ini adalah 206 hektar yang dikelola oleh Indonesia (Medan) dan Singapore. Wow!

Ruang tamu female dormitory
Ruang tamu female dormitory

Pilihan room di resort ada beberapa macam. Karena kami ini rombongan berjumlah 70an orang, maka kami menyewa dormitory room untuk male dan female. Bentuk dorm-nya melingkar, terdiri dari tiga lantai, masing-masing lantai terdiri dari beberapa kamar, masing-masing kamar terdiri dari 4 bed. Kamar mandi dan toilet terletak di luar kamar dengan jumlah yang banyak dalam satu ruang besar. Bener-bener mirip asrama elit deh, hahaha.. View dari kamar kami kebetulan pas banget menghadap Danau Toba bagian timur. Jadi view sunrise dapat terlihat sangat jelas dari sini. Selain dari kamar kami, spot untuk melihat sunrise adalah di One Tree Hill. Kenapa disebut One Tree Hill? Sebab di tempat itu ada sebuah pohon pinus yang berdiri sendiri di salah satu spot-nya. Kalau dilihat dari bawah, memang terlihat jelas pohon itu tegak berdiri sendiri, terpisah dari rimbunan pohon yang lain.

First waterfall
First waterfall

Spot indah lainnya yang kami kunjungi adalah Twin Waterfall. Letaknya di dalam hutan hujan tropis yang ada di resort ini. Kami diharuskan trekking dulu selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai air terjun ini. Wow trekking! I love it! Namanya trekking untuk jarak yang jauh pasti akan ada bonus setelahnya. Benar saja, ketika gemericik air sudah mulai terdengar, Subhanallah, the Twin Waterfall was in front of me! Ada dua aliran air terjun, oleh karenya disebut twin waterfall. Di salah satu aliran kecil air, aku sempatkan mencicipinya. Segarrr… Apalagi minumnya setelah sempat kepleset dulu wkakak πŸ˜€

Second waterfall
Second waterfall

SpotΒ lain yang ga boleh terlewatkan adalah tulisan “Pearl of Lake Toba” yang letaknya ada di dekat Toba Cafe. Kayanya sih belom afdol kalo belom sempet foto sendirian di spot ini, hehehe.. Tulisan ini menjadi semacam icon untuk Taman Simalem Resort. Coba deh googling pake keyword “Taman Simalem Resort” dan pilih “images”. Pasti yang keluar adalah orang-orang yang foto di spot “Pearl of Lake Toba” ini.

Saya juga punya foto di Pearl of Lake Toba :D
Saya juga punya foto di Pearl of Lake Toba πŸ˜€

Beberapa guest activities lainnya yang dapat dilakukan di resort ini adalah agro tour, meliputi flower nursery, coffee and tea plantation, orange and vegetable farm, coffee roasting, dan tea processing. Secara Β 25 hektar-nya sendiri udah dijadikan perkebunan gitu deh. Ada pula golf course, adventure zone, camping ground, dan cultural heritage. Waktu kami kesana sedang dalam pengerjaan sebuah buddhist temple. Lengkap deh pokoknya. Tapi sayang, kami kemaren ga sempet nyobain semua, ekekekke… Kalau malamnya mau berteriak-teriak ria, Simalem menyediakan “Sing-A-Long” di Amphitheater. Kita bisa nyanyi dan joged sepuasnya sampai closing time. Komplit kan?

Selamat berlibur di Taman Simalem Resort, Pearl of Lake Toba ^_^
Selamat berlibur di Taman Simalem Resort, Pearl of Lake Toba ^_^

Taman Simalem menjadi recommended untuk teman-teman yang mau berkunjung ke Toba. Room rate-nya mungkin sedikit high ya, tapi terbayar lah dengan suasana cantik disana. Anggaplah resort sendiri. Bagaimana? Ready to fly to North Sumatra?

(Sumut, 15-17 of May 2013)

Advertisements

2 thoughts on “Fly to North Sumatra, Mejuah-juah Taman Simalem Resort”

    1. kalau rate per night-nya di simalem resort agak expensive mas bro πŸ˜€
      ke toba kayanya ga perlu nginep di simalem deh, mungkin bisa cari homestay di sekitaran toba, pasti ada laaahh ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s