Ke Jembatan Suramadu yang Terpanjang Itu


Previous story click here…

Surabaya to Madura, 22 Desember 2012

Satu lagi kekayaan negeri kita Indonesia, tepatnya di ibukota Jawa Timur. Pembangunan resminya yang dimulai tahun 2003 dan selesai di tahun 2009, menjadikan Jembatan Suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan yang kita kenal menjadi penghubung pulau Jawa dan pulau Madura ini menjadi ikon lain kota Surabaya. Panjang jembatan ini adalah 5.438 meter dengan lebar 30 meter.

Memasuki jalan tol Jembatan Suramadu
Memasuki jalan tol Jembatan Suramadu

Kurang lengkap dan afdol rasanya berkunjung ke Surabaya tanpa melewati jembatan Suramadu. Karena dengan melewatinya, kami bisa langsung menginjakan kaki di pulau lain, pulau Madura. Memasuki jalanan Suramadu, kami terlebih dahulu harus membayar tiket karena jembatan ini tergolong jalan tol. Untuk roda empat harga tiket adalah Rp 30.000 dan Rp 3.000 untuk roda dua. Saat melintasinya terlihat pemandangan selat Madura di kanan kiri jembatan. Agak disayangkan karena kami melintasi jembatan ini pada saat siang hari. Jika teman-teman ingin mendapatkan pemandangan yang lebih cantik, datanglah di malam hari. Cahaya lampu di sepanjang jembatan Suramadu sangat cantik lhoo… (menurut foto-foto yang saya lihat di internet hehe).

Ada larangan untuk tidak berhenti dan berfoto ria di sepanjang jembatan. Namun, sepertinya adanya larangan memang untuk dilanggar ya, hadeuh.. Karena tetap saja ada para pengendara yang sengaja berhenti dan berfoto-foto di atas jembatan tersebut. Kalau kami sih karena warga negara yang baik cukup memoto dari dalam bis saja hehe.. Walaupun hasrat untuk berhenti, turun ke jalanan, dan bernarsis ria tetaplah ada hahahaha šŸ˜€

30 meter lebar jembatan ini pemirsah, kalo panjangnya sekitar 5,4 km
30 meter lebar jembatan ini pemirsah, kalo panjangnya sekitar 5,4 km

Harapan pemerintah Indonesia dengan adanya jembatan ini adalah demiĀ meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah Surabaya ke wilayah Madura. Begitu pula dengan kependudukan, mengingat wilayah Surabaya yang semakin padat dengan penduduk yang melakukan urbanisasi yang sebagian besar berasal dari wilayah Madura. Pemerintah berharap dengan adanya pemerataan ekonomi ini dapat menekan laju urbanisasi tersebut (id.wikipedia.org).

Advertisements

3 thoughts on “Ke Jembatan Suramadu yang Terpanjang Itu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s