Menapakan Kaki Sejenak di Masjid Cheng Hoo Pandaan

Surabaya to Malang, 22 Desember 2012

Masih dalam perjalanan panjang kami dari Surabaya menuju Malang, dan waktu sudah menunjukan pukul 09.30 malam. Bus yang kami tumpangi masih berada di ruas jalan Pandaan, Pasuruan. Perut sudah kembali kenyang setelah diisi bahan bakar kepiting ala Cak Gundul. Meskipun sedikit late dinner, namun lidah tetap berhasil dimanjakan oleh lezat citarasanya.

Semula kami berniat untuk mengunjungi salah satu masjid bernuansa muslim Tionghoa di Surabaya. Masjid Cheng Hoo namanya. Namun, karena terkendala waktu yang sempit, akhirnya kami memutuskan untuk berkunjung ke masjid serupa namun berada di Pandaan. Dalam perjalanan kami dari Kepiting Cak Gundul menuju hotel tempat kami bermalam, sekali lagi kami berhenti untuk menapakan kaki sejenak di masjid tersebut, Masjid Cheng Hoo Pandaan. Menurut yang sudah pernah mengunjungi keduanya, bentuk antara Masjid Cheng Hoo yang ada di Surabaya dan Pandaan hampir sama. Masjid tersebut bernuansa merah dan sesuai namanya masjid ini sekilas seperti klenteng.

Bangunan unik masjid Cheng Hoo Pandaan

Kami tiba di lokasi masjid sekitar pukul 10.00 malam. Pintu masjid terlihat tertutup dan sudah sepi pengunjung. Rombongan kami sepertinya juga sudah sangat lelah dengan perjalanan seharian ini. Alhasil, kami hanya menyempatkan berfoto sebentar di depan bangunan masjid. Meskipun hanya sekilas melihat bentuk masjid, tapi saya tahu masjid ini pasti sangat indah. Perpaduan nuansa Tionghoa dan muslim menjadikannya unik. Jika tidak diburu waktu, pastilah saya akan berburu foto disini.

Namun, kami dan saya khususnya harus merelakan kesempatan berlama-lama di tempat ini. Kami harus segera sampai di hotel UB Malang, tempat kami akan menginap selama liburan. Mungkin di lain kesempatan saya akan bertandang ke masjid ini lagi untuk menyempatkan mendirikan sholat dan hunting foto setiap sudut masjid. Semoga.

Advertisements

2 thoughts on “Menapakan Kaki Sejenak di Masjid Cheng Hoo Pandaan”