Tertipu Coban Rondo


Coban itu artinya sama dengan curug atau grojogan, yaitu air terjun. Kalo curug biasanya dipake untuk air terjun di Jawa Barat, grojogan di Jawa Tengah, sedangkan coban untuk di Jawa Timur. Analisis pribadiku sih begitu. Coba deh sekarang browsing, mana ada disebut Coban Cibereum, Curug Rondo, ataupun Grojogan Cilember, muehehe.. Jadi mungkin itu udah kaya ciri khas masing-masing daerah.

Nah, dulu masih inget banget waktu main ke Curug Cibereum di Cibodas, Grojogan Sewu di Karanganyar, dan Madakaripura di kawasan TNBTS. Begitu sampai di loket penjualan tiket masuk, udah girang banget bisa langsung merasakan dingin dan segarnya air yang jatuh dari ketinggian berpuluh-puluh meter itu. Jalan beberapa meter dari pintu masuk, aku agak-agak curiga, kenapa air terjunnya ga nongol-nongol? Eh ga taunya lokasi si air terjunnya itu jaaauuuhhh juga! Fiuh.. Dari pengalaman itu aku jadi berkesimpulan, kalo main ke air terjun kudu siap-siap jalan kaki yang lama, karena lokasi air terjun dengan pintu masuknya pasti bakal JAUH.

Jalan kakinya deket banget kok :D
Jalan kakinya deket banget kok 😀

Begitu pun waktu ke Malang akhir 2012 lalu (duh, ini cerita udah jadul banget yak!). Coban Rondo menjadi destinasi yang kayanya aduhai banget dibicarakan di dunia maya. One of the most recommended destination deh. Jadi ya wajib banget masuk itinerary kita. Dari tempat parkir, tenaga udah full charge. Pokoknya aku udah siap banget ini ceritanya suruh jalan jauh. Pas sampai di gapura bertuliskan “WANA WISATA COBAN RONDO”, jiaaahhh itu masa cobannya udah kelihatan gitu sihhh??? Bukannya kalo mau ke air terjun harus jalan kaki yang jauh banget dulu yak? Kenapa yang ini ga jadi jalan jauh? Fuh, ternyata aku sudah ditipu!

Tapi kalo suasana yang super rame itu pasti, sama kaya waktu aku main ke Cibereum, Cilember, dan Grojogan Sewu. Lokasi wisata keluarga banget! Suasana hutan dan sungai juga pasti ada, ini yang bikin mata adem.

Jadi, intinya tidak perlu menyiapkan tenaga untuk long trekking kalo mau ke Coban Rondo yak! Itu tidak perlu! Hihihi 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s