What Will You Say About this City?


What city?

K-U-D-U-S

Kota dimana masbojo bekerja dan berdomisili saat ini (semoga lekas dimutasi ke Purwokerto, allohumma aamiin). And, apa yang harus saya katakan tentang Kudus?

Kota kretek? Saya bahkan belum pernah melihat dimana letak pabrik rokok terkenal itu. Kota jenang? Soalnya kan Kudus terkenal dengan jenang Kudusnya. Atau, kota religi? Secara ada masjid Kudus yang menjadi salah satu tujuan wisata religi di Pulau Jawa.

Bagi saya pribadi, Kudus menjadi kota yang jauh lebih damai dibanding kota tempat saya berdomisili sekarang ini. Tidak ada hiruk pikuk manusia yang terlalu membisingkan telinga, tidak ada suara klakson mobil, bus, ataupun truk yang sahut-menyahut, tidak ada pula pemandangan gedung-gedung pencakar langit di kanan kiri jalanan ibukota yang selalu padat dengan berbagai moda transportasi. Intinya, Kudus lebih nyaman deh!

Itulah yang membuat saya ingin kesana lagi dan mencoba berpacaran dengan masbojo di malam hari. Masbojo sempat menolak saat saya mengajak muter-muter kota Kudus. Katanya,

“Nggak ada apa-apa Yang di Kudus.”

Dalam hati saya bilang, “Nggak mungkin.” Sekecil-kecilnya sebuah kota, pastilah ada sesuatu yang bisa dieksplor, meskipun setidakpentingnya sesuatu itu. Ketika malam itu kami menyempatkan untuk mampir ke kantor masbojo sebentar, teman sekantornya merekomendasikan untuk mampir sebentar ke sebuah store yang terletak persis di seberang kantor masbojo. Its name is Omah Mode, ada di jalan Ahmad Yani. Penampakan dari luar sih lumayan menarik, sekelas dengan store-store di pinggir jalan raya kota-kota besar. Hal itu menambah rasa penasaran saya.

Omah Mode tampak dari depan kantor masbojo
Omah Mode tampak dari depan kantor masbojo

Kami disambut dengan sebuah kolam berbentuk mangkuk raksasa yang terletak di depan pintu masuk store. Kami masuk ke dalam, dan isinya standar aja sih. Tidak begitu ramai juga di dalam store-nya. Kami menyusuri sampai belakang dan masih juga kosong. Awalnya saya pikir hanya ada store pakaian saja. Namun, setelah kami keluar dari store lewat pintu belakang, ada sebuah cafe yang bersebelahan dengan swimming pool. Kebetulan pas lagi ada live music juga. Di sinilah rupanya lokasi yang terlihat lebih ramai. Walah, kaya begini yang dibilang masbojo kalau Kudus nggak ada apa-apanya?

Homey cafe I think :)
Homey cafe I think 🙂

Berada di cafe-nya Omah Mode, saya merasa tidak sedang ada di Kudus. Karena bagi saya tempat ini standar cafe-nya kota-kota besar, sebutlah Jakarta, Bandung, Jogja. High class aja sih buat saya 🙂 Tempat yang asik dan enjoy banget untuk informal meeting, nongkrong, refreshing, atau sekedar foto-foto seperti kami berdua, hihihi…

Selepas dari Omah Mode, saya berniat mencari yang segar-segar, seperti sup buah atau juice. Tapi sepanjang jalan utama di kota Kudus yang ada cuma jualan tahu gimbal, roti bakar, tahu lagi, roti lagi. Lalala ~~~ Saya nggak nemu yang segar-segar. Terus habis itu saya tiba-tiba kepengin siomay atau batagor. Padahal sebelum pergi kami sudah sempat makan malam dulu loh di rumah bu kos. Tapi perut rasanya masih ingin diisi jajanan pinggir jalan. Dibawalah saya ke salah satu kedai siomay dan batagor. Kata masbojo di sini enak, dan ada menu uniknya: siomay kuah. Langsung kami pesan seporsi siomay kuah dan seporsi batagor. Yummm, pesanan kami tidak lama kemudian datang.

Dinner kedua kami
Dinner kedua kami

Asli, uenakk bingit! Tempatnya juga oke, meja lesehan semua. Ramai dan recommended 🙂 Saya agak-agak lupa nama tempat makannya dan dimana letaknya. Kalo nggak salah namanya siomay dan batagor “Sumber Rejeki” deh. Tapi perlu dikonfirmasi lagi sepertinya dengan masbojo, huehehe 😀

So, what will I say about this city?
1. Enjoyable
2. Peaceful
3. Memorable

I think so.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s