Sate Buntel, Lanjut ke Wongso Lemu


Solo, 29 Maret 2014.

Setelah sukses mendaratkan perlengkapan di homestay dan masbojo juga sudah selesai sholat, kami tancap gas untuk mengisi lambung kami yang sudah meronta-ronta minta diisi ulang. Saya sudah punya daftar tempat kuliner untuk kami coba hari ini. Sate buntel Tambak Segaran menjadi menu makan siang kami. Apa itu sate buntel? Hehehe… Saya juga penasaran, makanya kami memutuskan untuk mencicipi rasa sate ini yang konon katanya merupakan sate buntel paling enak di Solo.

Satu porsi sate buntel Tambak Segaran
Satu porsi sate buntel Tambak Segaran

Rupanya daging sapi yang dihidangkan tidak menggunakan tusukan sate pada umumnya, hanya dibuntel-buntel (duh, bahasa indonesia yang baik dan benar-nya buntel tuh apa ya?). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar ya! Kuah untuk satenya juga sedikit khas dibanding sate daging kambing biasa. Gigitan pertama di buntelan dagingnya, nyum… Maknyus! Nggak salah kalau tempat makan ini ramai. Bagi yang punya volume lambung kecil, harap waspada karena satu porsinya sangat sangat membuat kalian kekenyangan seperti saya, hihihi… Padahal perut saya dalam kondisi super lapar lho, tapi tetep aja nggak habis. Ujung-ujungnya masbojo yang ngabisin. Dia mah emang perut karet!

Menu di tempat makan ini cukup banyak, dari mulai aneka sate buntel, tongseng, gulai, tengkleng, sampai nasi goreng kambing pun juga ada. Lokasi sate buntel Tambak Segaran ada di Jalan Sutan Syahrir No.149 (Tambak Segaran 39), nomor telponnya 0271-7025006 atau 085725006449. Letaknya ada di sebelah barat sedikit dari Widuran dan sebelah timur Pasar Legi.

20140329_152530

Nah, untuk dinner kami mencoba mampir ke nasi liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar, daerah Keprabon. Di sini ada beberapa tempat makan nasi liwet yang berjejer-jejer dengan nama sama, yaitu Wongso Lemu tadi. Namun, ada satu yang berbeda dan tidak ada cabangnya di mana-mana yaitu nasi liwet Wongso Lemu Bu Cipto Sukani. Tempatnya paling ramai di antara yang lain, bahkan kami sampai harus antri untuk membelinya. Di sini juga ada hiburan musik tradisional yang dimainkan langsung oleh bapak-bapak yang sedikit sudah sepuh dan ibu-ibu yang menjadi sindennya. Mereka semua berpakaian tradisional, menambah lengkap suasana jowo-nya. Mungkin dari segi cita rasa, antara Wongso Lemu Bu Cipto Sukani dengan Wongso Lemu yang lain tidak jauh berbeda. Tapi karena nama Bu Cipto Sukani yang sudah lebih dikenal masyarakat, jadilah Wongso Lemu Bu Cipto Sukani yang lebih ramai. Untuk harga, sepertinya juga lebih mahal. Sepertinya lho ya, sepertinya 😀

Laperrrrr
Laperrrrr

Satu porsi nasi liwet yang disajikan di atas pincukan daun pisang, lengkap dengan telur pindang dan ayam kampung pun habis dalam sekejap. Porsinya pas untuk saya, jadi masbojo nggak mendapat tugas lagi untuk menghabiskan kepunyaan saya. Soal rasa, duh jangan ditanya. Gurih sekaliiii. Mantap! Tuh coba liat gambarnya, bikin laper kan? 😀 Kami makan persis di depan penjualnya, karena di dalam sudah sangat penuh. Pas lagi makan, eh si hujan turun. Duh, tahu aja nih hujan bikin suasana jadi tambah romantis! Asal bukan hujan badai aja. Tapi kaki kami ga keciprat-ciprat air hujan kok kaya waktu makan malam paling romantis di Kudus, hahaha… 😀

Sebenarnya hasrat hati ingin mencantumkan harga dari satu porsi sate buntel dan nasi liwet. Tapi apa daya, ingatan saya cetek, alias saya lupa harga-harga mereka wkwkwk… Tapi kalau perkiraan aja sih bisa. Untuk sate buntel sekitar Rp35,000an per porsi, untuk nasi liwet seporsinya nggak lebih dari Rp20,000 kok. Pas lah untuk ukuran kantor traveler hemat seperti kita-kita ini, hihihi…

Ini pengunjungnya udah pada pulang
Ini pengunjungnya udah pada pulang
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s