10 Tips Berburu Tiket Murah


tiket-murah-promoPost saya kali ini saya re-blog dari blog pribadinya Mbak Olen, backpackology.me 🙂 Secara saya belum pernah mencoba berburu tiket promo/tiket pesawat murah meriah, dan mungkin teman-teman pembaca juga sedang mencari tips untuk bisa dapet tiket pesawat murah. Nah, tips berikut mungkin bisa menjadi referensi yah. Selamat berburu, selamat mencoba!

1. Berlangganan newsletter maskapai. Biasanya tiap kali kita booking tiket akan ada box untuk berlangganan newsletter dan berita dari maskapai itu, klik saja. Mengganggu? Jelas. Namanya juga orang jualan tiket, akan sangat banyak email-email dari mereka untuk menawarkan promo dan produk terbaru, yang tidak semuanya relevan dengan kebutuhan kita. Masukkan ke filter agar tidak terlalu mengganggu email “primary” Anda. Saya punya filter: Airasia, Cebu Pacific, dan Tiger. Kalau Garuda saya menyerah, tidak sesuai dengan prinsip kere saya, lagipula biasanya tiket promo mereka harus diperjuangkan lewat travel fair, bukannya online. Kalau difilter seperti ini Anda tidak akan langsung mengetahui ada informasi promo, saya mengecek filter secara berkala.

2. Bila sudah mendapatkan info promo tertentu, misalnya dari tanggal sekian hingga tanggal sekian. Pantengin websitenya pada tanggal itu. Untuk promo besar, Airasia biasanya memulai penjualan tiket pukul 23.00 WIB. Ya sudah, lebih awal berburu lebih baik karena tiket murah masih banyak tersedia. Lakukan tengah malam sampai pagi hari karena biasanya lebih lancar. Kalau sudah mulai pukul 08.00 traffic website jadi sangat padat karena orang-orang banyak yg mengakses dari kantor. Jadi ke kantor pada berburu tiket bukannya malah kerja??? Aaaakkkkkk…!!!

3. Ada berbagai jenis promo yang diberikan maskapai. Misalnya: promo Rp 0 Airasia biasanya untuk 6 bulan s/d 1 tahun ke depan. Pastikan Anda bisa cuti, anak bisa liburan, karena tiket promo tidak bisa di-refund. Ada promo Return For Free Tiger Mandala, artinya bayar berangkatnya saja, tiket return gratis. Berarti Anda harus pulang naik maskapai yang sama. Ada promo Rp 55 Citilink, yang sayangnya hanya mengizinkan 1 orang per penerbangan, abaikan bila Anda tidak jomblo hahahaha (saya sebutnya Jomblo Fare Citilink). Ada juga buy one get one free yang dilakukan beberapa maskapai terutama yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu. Ada promo tiket+hotel, cek di AirAsia Go.

4. Untuk tiket-tiket yang bukan promo, untuk domestik saya biasanya mengecek Traveloka.com, Nusatrip.com, Tiket.com, kadang harga mereka bisa lebih murah daripada harga di website resmi maskapai.

5. Untuk tiket jarak jauh (Eropa, Asia Timur, dan lain-lain), bisa memakai jasa skyscanner.net. Website ini bisa langsung membandingkan harga tiket berbagai maskapai untuk tujuan tertentu. Misalnya, Anda cari Jakarta-Paris, akan keluar harga dari Emirates, KLM, Etihad, Garuda, SQ, dan lain-lain. Biasanya yang paling murah adalah yang paling atas (atau mungkin setting-an saya di handphone begitu). Bedanya dengan poin 4 adalah, Skyscanner bukan pihak penjual tiket, ia akan mengarahkan kita ke website masing-masing maskapai. Kemudian kita bisa membeli dengan cara normal.

freee

6. Pengen tahu lebih update tentang promo dari maskapai? Paling enak adalah follow twitter mereka (misalnya @airasia, @airasiaid, @tigerairmandala, @tigerairSG, @indonesia_garuda, dan lain-lain) atau likes FB mereka, jadi sewaktu-waktu ada promo akan langsung muncul notifikasi di newsfeed Anda.

7. Tips lain adalah ikuti forum-forum traveling. Yang paling aktif di dunia maya adalah Backpacker Dunia dengan anggota lebih dari 30 ribu. Selalu ada yang memberitahu bila ada promo tiket. Selain itu, Anda juga bisa bertanya, berkomentar, ikut berdiskusi dalam thread yang muncul.

8. Jangan memalsukan umur anak. Pasti semua sudah tahu ya kalau anak usia 2 tahun ke atas harus membeli seat sendiri. Pengalaman saya di Indonesia, banyak orangtua yang tidak mau membelikan tiket untuk anaknya dan hanya membayar biaya untuk infant (bayi), padahal sekilas saja sudah kelihatan anak itu usia TK. Ini ada hubungannya dengan keselamatan. Untuk tiket internasional tidak mungkin karena dicocokkan dengan paspor.

9. Bagi yang punya anak, maskapai menerapkan kebijakan harga yang berbeda-beda untuk kids (2 -12 tahun). Ada yang 100% (low cost carrier), ada yang 75%, ada yang 50%, dan bahkan 30% (sepertinya Turkish Airlines, tolong koreksi kalau salah). Ini bisa dipertimbangkan, terutama kalau Anda punya anak 2 atau 3, lumayan banget kan.

10. Blog walking. Ada sangat banyak travel blogger di Indonesia yang menuliskan pengalaman dan tips tentang perjalanan mereka. Banyak yang bisa dicontoh (atau tidak) sehingga membuat pengalaman wisata kita lebih mudah.

handphone-tablet

Advertisements

One thought on “10 Tips Berburu Tiket Murah”

  1. Kak Intan, tambahan tips dari aku: sering-sering iseng cek harga tiket lewat flight comparison site. Kalo di luar ada Kayak, Momondo, gitu-gitu.. Kalo domestik ada Tiketdong.com. Kadang aku suka kaget kalo cek harga tiket CGK – DPS. Rasanya pengen tiap minggu terbang ke Bali :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s