Servis Kamera SLR? Di Passer Baroe Aja!


Lensa kamera SLR saya sudah lama minta diservis karena program auto focus-nya tidak bisa digunakan. Tapi karena saya tidak begitu paham dimana lokasi tukang servis kamera, ditambah adanya kesibukan lain setiap weekend, jadilah kamera saya itu teronggok lama di pojokan kamar tanpa ada niat untuk menyervisnya lagi. Hingga saya tersadar bahwa awal April ini saya dan Fandi sudah punya rencana babymoon ke Makassar dan Toraja. Duh, mengingat perjalanan itu pasti membutuhkan kamera SLR, mau tidak mau saya harus segera menyerviskan lensa kamera saya. Benar ya kata orang-orang, kalau nggak kepepet, nggak akan jalan. Hehehe.

Beruntung saya tergabung di dalam grup wasap yang beberapa anggotanya adalah tukang foto profesional. Di situlah saya bertanya pada mereka, di mana tukang servis kamera yang recommended dan murah? Banyak ternyata, tapi saya tidak paham semua lokasi yang disebutkan. Salah satu yang familiar betul di telinga saya adalah Passer Baroe, atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Baru. Aha! Iya ya, Pasar Baru. Dulu kayanya salah seorang teman juga pernah merekomendasikan Pasar Baru ketika saya bertanya di mana tempat yang murah dan lengkap untuk membeli lensa SLR. Hihihi, kenapa bisa lupa? πŸ˜€

Baiklah, weekend ini mari kita ke Pasar Baru…

Pintu utara jalan Pasar Baru
Pintu utara jalan Pasar Baru

Menuju Pasar Baru sangat mudah kok. Lokasinya ada di dekat Masjid Istiqlal. Kalau kesulitan di mana dia berada, silakan gunakan aplikasi maps atau waze ya. Hehehe. Kemarin kami masuk lewat Pintu Air (ujung selatan jalan Pasar Baru). Setelah bertanya di mana lokasi pertokoan servis kamera, ternyata letaknya ada di ujung jalan Pasar Baru sebelah utara, tepatnya di gedung sebelah kanan. Orang-orang banyak menyebutnya Pasar Metro, Pasar Atom, atau Metro Atom. Kami pun melanjutkan dengan berjalan kaki dari tempat motor kami diparkir. Sampai di ujung jalan, kami bertanya lagi pada seorang Satpam, karena kami tidak menemukan adanya toko-toko servis kamera.

β€œServis kamera apa, Mbak?” jawab si Satpam ketika saya tanya di mana letak Pasar Atom.

β€œCanon, Pak.”

kamera digital
Setelah itu bapak Satpam-nya mengantar kami ke dalam sebuah gedung yang ada di sebelah kanan jalan. Benar-benar mengantar sampai di depan tokonya lho. Baiknya bapak Satpam yang masih muda ini. Hihihi. Rupanya kompleks tukang servis kamera di gedung Pasar Atom ini ada di lantai dua. Tidak hanya satu dua toko, tapi lumayan banyak. Wihiy, baru tahu saya. Besok-besok jadi nggak perlu bingung kalau mau servis kamera lagi, atau kalau ada teman yang bertanya.

Awalnya saya pikir kamera saya harus menginap di toko servis. Eh setelah ditanya rusaknya kenapa, masnya bilang, β€œDitunggu bisa Mbak, paling 15 menit selesai. Ini cuma ngganti spare part auto focus-nya aja kok. Ongkosnya Rp200.000.”

Lensa kamera saya lagi dicutik-cutik
Lensa kamera saya lagi dicutik-cutik
Salah satu toko servis kamera
Salah satu toko servis kamera

Lah, cepet amat yak. Alhamdulillah sih kalau gitu. Jadi kan kami tidak perlu bolak-balik ke sini. Hehehe. Saya sempat menawar ongkos servisnya, tapi masnya nggak ngasih. Katanya sih itu udah harga yang paling murah. Biasanya bisa sampai Rp250.000. Ndak iyo? Kata masnya lagi, problem lensa kamera 600D 18-55mm yang rusak auto focus-nya adalah hal yang sudah sangat biasa, nggak cuma kamera saya doang, tapi kamera-kamera orang lain ternyata sudah banyak yang mendahului. Asyik temennya banyak, hihihi.

Nah, selesai menyerviskan kamera, kami tidak lantas langsung pulang. Di Pasar Baru itu…… Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan, buah, dan camilan. Selain itu di sepanjang kanan kiri jalan juga berjejer-jejer toko tekstil, pakaian, batik, jam tangan, sepatu, peralatan salon, dan departemen store. Jadilah kami jajan-jajan dulu di sini. Siomay, otak-otak, tahu gejrot, dan jambu bangkok menjadi menu pilihan jajan kami siang itu. Enaknyooo……

Ruas jalan Pasar Baru
Ruas jalan Pasar Baru
Makan siomay :D
Makan siomay πŸ˜€
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s