Tentang Sewa Motor di Toraja dan Makassar


Sewa motor menjadi alternatif paling cocok untuk para pejalan yang hanya pergi berdua, bertiga, berempat, atau solo traveling. Selain sangat menghemat ongkos akomodasi, menggunakan motor memudahkan pejalan untuk menjelajah tempat-tempat terpencil yang kadang akan sulit dilalui dengan mobil atau bus. Untuk itulah saya dan Fandi kembali berencana menyewa motor selama menyusuri Tana Toraja dan kota Makassar. Biar apa? Biar irit tentunya!

Berhubung tujuan jelajah hari pertama kami adalah Maros dan sekitarnya, maka kami memutuskan untuk sewa mobil saja. Jarak antara Makassar-Maros memang hanya sekitar dua jam. Namun, demi mempersiapkan fisik untuk perjalanan Makassar-Toraja pulang pergi, kami pun akhirnya rela merogoh kocek sangat dalam hanya untuk sewa mobil dan driver full day. Tidak terlalu sulit mencari rental mobil di Makassar. Karena saya dapat contact person rental mobilnya dari Citra, seorang kawan yang dulu sudah pernah ke Makassar. Hehehe. Namanya Pak Halim di nomor 08114194019. Pelayanannya bagus deh. Responnya juga cepet. Recommended pokoknya. Eh tapi kalau kalian searching di internet, banyak kok informasi tentang penyewaan mobil di Makassar. Jadi, kalian tidak perlu khawatir jika berencana sewa mobil juga di kota Anging Mamiri ini.

Wasapan dengan Pak Halim untuk konfirmasi
Wasapan dengan Pak Halim untuk konfirmasi

Sayangnya Citra kehilangan contact person penyewaan motor di Toraja, dan kebetulan iapun tetap menyewa mobil selama di Makassar di hari ketiga. Jadi, saya pun harus berjuang sendiri untuk bisa menemukan nomor rental motor di Toraja dan Makassar, yang ternyata……tidak semudah ketika mencari nomor rental mobil. Haduh!

Saya fokus mencari tukang sewa motor di Toraja terlebih dahulu. Bisa mati kami kalau sampai tidak dapat sewaan motor di sana. Mau naik apa kami nanti? Rupanya sedikit sekali informasi mengenai sewa motor di Toraja. Rata-rata para blogger yang menuliskan catpernya di blog mereka, hanya menceritakan mereka menyewa motor di Toraja tanpa mencantumkan alamat serta nomor kontak si penyewa motor. Kan sedih banget. Hingga di pencarian selanjutnya, saya berhasil mendapatkan dua nomor penyewa motor di Toraja, namanya Lebonna Tour di nomor 0423-23520 dan Toraja Tour Guide di nomor 081355281656 dan 082345200988. Awalnya saya gembira, akhirnya bisa menemukan nomor telepon penyewa motor di Toraja. Tapi kemudian ketika saya coba menghubungi mereka, hasilnya nihil.

-______-

Berkali-kali menghubungi Lebonna Tour, tidak diangkat. Giliran mencoba telepon Toraja Tour Guide, eh mbak-mbak operatornya yang angkat dan menjawab, “Nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi bla bla bla………”

Kan saya jadi tambah sedih.

Saat menghubungi Lebonna Tour dan Toraja Tour Guide :(
Saat menghubungi Lebonna Tour dan Toraja Tour Guide 😦

Akhirnya saya tinggalkan pencarian tukang sewa motor Toraja. Saya beralih untuk mencari rental motor di Makassar. Harapan kembali bersinar ketika saya berhasil mendapatkan tiga buah nomor penyewaan motor di sana. Hanya tiga? Iya cuma dapat tiga rental motor saja! Hahaha. Beda sekali ketika saya mencari informasi sewa motor di Jogja. Begitu mengetik keyword “sewa motor di jogja” di gugel, deretan web penyewaan motor langsung nongol di result page.

Tiga penyewaan motor di Makassar yang berhasil saya temukan adalah Gracia Rent di nomor 085256159818 dan 081335116449, Prima Rental Motor di nomor 0411-5246917 dan 082349775555, serta Yasha Rental di nomor 0411-5231222 dan 085222022289.

Mari menghubunginya satu per satu.

Gracia Rent. Bisa dihubungi lewat sms. Tapi Gracia Rent rupanya tidak menyewakan motor harian. Minimal sewa adalah dua hari. Huft.

Saat menghubungi Gracia Rent :(
Saat menghubungi Gracia Rent 😦

Prima Rental Motor. Saya coba wasap, terkirim dan terbaca, tapi tidak dibalas. Ketika saya telfon, tidak ada jawaban. Saat saya sms, juga tidak dibalas. Hiks.

Saat menghubungi Prima Rental Motor :(
Saat menghubungi Prima Rental Motor 😦

Yasha Rental. Ketika ditelfon, tidak diangkat. Tapi kemudian dia sms saya, bilang kalau dia lagi mengemudi. Saya diminta sms saja perlunya apa. Ketika saya bilang kalau mau sewa motor, dia balasnya “Sudah tidak sewakan lagi.”

Walah… Piye sih iki karepe? -______-

Saat menghubungi Yasha Rental Motor :(
Saat menghubungi Yasha Rental 😦

Kok jadi susah banget ya dapet sewaan motor di Toraja dan Makassar? Tidak adakah yang bisa membantu kami? *air mata mulai menggenang*

Saya pun tinggalkan pencarian sewa motor di Makassar. Kalau memang di Makassar nanti tidak dapat sewaan motor, kami masih bisa mengandalkan pete-pete atau berjalan kaki. Toh kami hanya berencana ke pantai Losari, Fort Rotterdam, dan jalan Somba Opu yang menurut informasi di gugel letaknya sangat dekat dengan wisma Favorite tempat kami akan singgah sejenak.

Sekarang yang penting dapat sewaan motor di Toraja!!! Aaakk!!!

Hari berikutnya, saya mecoba melipir ke twitter. Saya coba mention ke akun yang berbau-bau Toraja. Kemudian saya singgah di instagram, search dengan hastag yang berbau-bau Toraja, lalu meninggalkan komen di beberapa foto mereka. Terakhir, saya merapat ke facebook. Saya coba bertanya di grup-grup backpacker/traveling. Ah inilah seninya menyusun sebuah perjalanan secara mandiri. Ribet, riweuh, tapi bisa jadi bahan cerita. Hihihi.

Hampir tidak ada kabar positif dari posting-an saya di ketiga media sosial tersebut. Beberapa memang membalas komen saya di foto instagram mereka, tapi tidak banyak membantu. Ayok dong, masa sesusah ini sih mau nyewa motor aja? T_T

Krik krik krik…

Tanggapan di instagram :(
Tanggapan di instagram 😦

Hingga akhirnya, ada seseorang yang membalas posting-an saya di grup Backpacker Indonesia! Ketika saya baca, sontak saya langsung sorak-sorak bergembira… Aaaakkk… Finally… Seseorang dengan akun yang saya lupa namanya, kasih info nama penyewaan motor di Toraja, lengkap dengan foto peta wisata Toraja. Kemungkinan dia baru beberapa waktu lalu jalan-jalan ke Toraja, jadi info yang diberikannya benar-benar masih fresh from the oven, masih up to date! Saya pun langsung menghubungi nomor yang tertera di foto tersebut, yang belakangan saya tahu pemilik rental motor itu bernama Bapak Markus.

Dari mas-mas yang saya lupa namanya :D
Dari mas-mas yang saya lupa namanya 😀

“Ya nanti bisa telfon saya ya kalau besok sudah sampai,” jawab Pak Markus dengan logat Toraja-nya yang kental.

Yessss! Alhamdulillah dapat sewaan motor di Toraja ~~~

Motor sewaan dari Bapak Markus :D
Motor sewaan dari Bapak Markus 😀

Sekarang tinggal fokus cari sewa motor di Makassar. Di H-2 pemberangkatan, tetiba saya baru kepikiran, kenapa nggak coba tanya ke Pak Halim ya? Siapa tahu beliau juga menyewakan motor… Plok! Saya menepok jidat saya sendiri. Kenapa nggak dari kemarin-kemarin coba nanya ke Pak Halim??? *gregetan* Ketika saya wasap pak Halim, ternyata… Benar dong, Pak Halim juga menyewakan motor…… Tapi sialnya, semua udah full booked! Huaaa…… T_T

Ya iyalah, secara udah H-2 dari long weekend, pasti udah penuh semua. Krik krik krik. Saya pun lemes dan pasrah. Udah ah, kalau seapes-apesnya nggak dapet sewa motor di Makassar, kami naik pete-pete saja. Hihihi.

Full booked :(
Full booked 😦

Singkat cerita, saat kami sudah sampai Toraja dan sudah sempat berkeliling ke sekitar Rantepao, rupanya di sana ada banyak tempat penyewaan motor lho. Ohya kah? Iya… Ciyus deh… Di samping rumah Pak Markus saja ada dua atau tiga tempat sewa motor. Lalu di tempat kami sarapan nasi kuning yang letaknya di dekat masjid besar Rantepao, pun juga menyediakan sewa motor. Malah pemiliknya bilang tarifnya cukup Rp75.000 saja, jauh lebih murah dibanding Pak Markus yang pasang tarif Rp100.000 sampai jam 7 malam.

Rental Motor Bagus milik Bapak Markus
Rental Motor Bagus milik Bapak Markus
Rental motor yang tidak sengaja nemu di tempat kami sarapan
Rental motor yang tidak sengaja nemu di tempat kami sarapan

Jadi, saya berkesimpulan bahwa ada banyak tempat penyewaan motor di Toraja, hanya saja mereka mungkin kurang mempublikasikannya lewat internet. Wajar saja kalau saya kesulitan nyari-nyari infonya di internet. Huhuhu. Sayang sekali ya. Dengan sedikit pengalaman saya dalam mencari tempat sewa motor di Toraja dan Makassar ini, saya coba share dengan jelas nama dan nomor telfon masing-masing rental motor yang saya pakai kemarin ya. Mudah-mudahan bisa membantu para pejalan yang ingin singgah ke sana.

Sudah ada rencana menjelajah Toraja dan Makassar? 😀

Advertisements

12 thoughts on “Tentang Sewa Motor di Toraja dan Makassar”

  1. Salam kenal..

    Kalo saya dulu waktu jalan ke toraja nekat aja ga tau objek wisata, penginapan atau sewa kendaraan di sana. Tapi begitu tiba, rupanya orang sana lebih informatif ketika kami bertanya. Ahirnya dapat penginapan lumayan yang disebrangnya ada rental gim komputer, nah ternyata anak-anak yang sedang asik main gim itu menyewakan motornya, dengan harga 60 ribu (tahun 2011) untuk sehari semalam, tampaknya mereka memang menginap di rental itu (sama jaman sy kuliah, kalo ga di kampus ya di rental gim haha). Jadi mungkin untuk yang bingung cari info penyewaan motor di tator, ada baiknya sambangi rental gim saja siapa tau beruntung dapat harga lebih murah dari penyewaan profesional 😄

    1. Pas di Makassar kami pinjem motor mas OB hotel tempat kami nginep kak.. Hehehe..
      Sewa motor di Toraja (Rantepao) 081355390131 a/n bapak Markus.
      Waktu ke Toraja, kami naik bus dr Makassar. Sewa mobil nya waktu pergi ke Maros aja..

  2. Klo mw rental mobil (rush baru & bus full ac ) sopir siap dan rental motor juga ad untuk keliling toraja..
    silahkan hubungi sy..,
    Amhy
    No hp : 085311066905.
    Sy siap membantu anda..

  3. Aslm.. ibu Intan, bagaimana kabarnya? Saya HALIM (HLM Rent Makassar) sy lihat postingannya baik sekali, Sangat membantu rekan2 yang mencari Jasa Penyewaan Di Makassar dan sekitarnya.
    Tetapi sayang Link dan Kontak Kami diatas Telah Expired, Mohon maaf akan hal tersebut.
    Jika Berkenan mengganti ke link kami yang lain
    http://www.hlmrent.blogspot.com
    dan kontak terbaru kami 0811462600
    Salam.. HLM Rent Makassar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s