Itinerary 3 Hari 2 Malam di Solo


Artikel ini pernah diikutkan lomba menulis itinerary yang diselenggarakan oleh pegipegi.com pada bulan April 2016 lalu. Sayangnya, ga menang. Hahaha. Yasudah, posting di blog pribadi saja.

Ada fakta menarik yang saya temukan ketika berkunjung ke kota ini, kota yang terkenal dengan slogan the Spirit of Java. Ya, Solo. Terlalu banyak tempat wisata di kota Solo, baik yang terlihat menarik maupun yang tidak. Baik yang berlokasi di pusat kota maupun yang berada di perbatasan. Dari mulai wisata kuliner, wisata budaya dan sejarah, hingga wisata alam. Semua membuat saya ingin sekali mengunjunginya satu per satu. Tapi, kalau saya hanya punya waktu tiga hari dua malam untuk singgah di Solo, tentu tidak semua tempat bisa saya kunjungi.

Maka, itinerary inilah yang membantu saya untuk menjamahi beberapa sudut kota Solo. Beberapa tempat adalah objek wisata yang terletak di kabupaten yang berbatasan dengan Solo.  Mudah-mudahan bisa dijadikan acuan ketika akan berkunjung ke sana ya!

Day 1

10.00 – 13.00      Perjalanan dari Semarang naik motor

13.00 – 14.00      Check in hotel, istirahat sejenak

14.30 – 15.30       Wisata kuliner (sate buntel)

15.30 – 17.00       Jalan-jalan ke Pasar Klewer, kembali ke penginapan

19.00 – 22.00      Wisata kuliner (nasi liwet) lanjut puter-puter pusat kota Solo

TIPS

  • Ketika sampai di Solo dan tidak ada kendaraan pribadi, kalian bisa sewa motor atau mobil, tergantung kebutuhan. Kalau hanya berdua sih baiknya sewa motor saja. Asyik lho keliling Solo naik motor. Hehehe.
  • Sate buntel yang recommended terletak di Jl. Sutan Syahrir 149. Namanya Sate Kambing “Asli” Tambak Segaran. Dijamin ketagihan! Dinamakan sate buntel karena daging kambing yang disajikan tidak ditusukan ke tusukan sate, melainkan “dibuntel-buntel”.

    Camera 360
    Bikin baper. Eh, laper maksudnya 😀
  • Mau nginep di Solo dengan tarif yang murah meriah nendang? Silakan booking kamar di Paradiso Guest Hotel. Letaknya di dalam sebuah gang kecil di seberang Batik Keris Jl. Dr. Rajiman. Cukup dengan Rp100.000, kalian bisa tidur nyenyak di kamar kecil nan nyaman. Tapi tidak termasuk breakfast Hehehe.

    Solo 2
    Kesannya agak horor deh..
  • Pasar Klewer dapat dikunjungi mulai pukul 09.00 pagi sampai jam 16.00 sore. Bawalah perbekalan dana yang cukup supaya bisa borong kain ataupun pakaian serba batik di pasar ini.

    Solo 8
    Enter a caption
  • Kuliner malam pertama di Solo, kalian bisa coba nasi liwet Bu Wongso Lemu (Cipto Sukani) di daerah Keprabon Kulon, tepatnya di jalan Teuku Umar. Tempatnya paling ramai di antara warung nasi liwet yang lain. Nasi liwet Bu Wongso Lemu (Cipto Sukani) ini tidak ada cabangnya dimana-mana lho. Nasi liwet sebelah memang bertuliskan Bu Wong Lemu juga, tapi tidak ada Cipto Sukani-nya. Itu yang membedakan, begitu menurut ibu yang melayani saya. Nah kalau soal rasa, duh jangan ditanya. Gurih sekaliiii. Mantap!

    Solo 3
    Yakin cuma pesen seporsi?

Day 2

07.00 – 09.00      Perjalanan ke Candi Cetho, berhenti sejenak untuk sarapan
09.00 – 11.00       Eksplor dan foto-foto di Candi Cetho
11.00 – 12.30        Perjalanan kembali ke Solo, lanjut wisata ke keraton
13.00 – 16.00       Eksplor dan foto-foto di Keraton, kembali ke penginapan
18.30 – 20.00      Kuliner malam

TIPS

  • Penyuka wisata alam dan sejarah wajib ke Candi Cetho. Perjalanan dari Solo kurang lebih sekitar 1,5 jam menggunakan motor. Candi Cetho menyuguhkan panorama alam yang sejuk banget untuk mata. Karena berada di perbukitan, udara sekeliling pun begitu segar. Tiket masuk seharga Rp3.000 saja di tahun 2014. Areanya memang tidak begitu luas. Tapi sangat mendukung untuk dieksplor. Datanglah di pagi hari ketika belum ramai pengunjung agar hasil jepretan foto kalian ciamik. Oia, semakin mendekati lokasi candi, jalan aspal yang dilewati akan semakin curam, sempit, dan berkelok-kelok. Bagi yang bawa mobil atau bus, harap berhati-hati ya!

    Solo 4
    Kangen maksimal ke tempat ini
  • Sempatkan main ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Areanya sangat luas dan banyak sekali terdapat benda-benda peninggalan Kasunanan Surakarta sejak tahun 1745. Ada tungku masak, alat tumbuk padi, dayung raksasa, kereta kencana yang rodanya setinggi orang dewasa, meriam, kursi-kursi raja, pakaian kuno, dan lain sebaginya. Jam buka keraton adalah Senin-Kamis dan Sabtu jam 08.30-14.00 WIB, serta Minggu dari jam 08.30-13.00 WIB.

    Solo 5
    Kaya punya Cinderella bukan?
  • Kuliner malam di hari kedua di Solo bisa kalian pilih sesuka hati. Ada banyak jajanan di sepanjang jalan pusat kota Solo. Tiap malam sepertinya tidak pernah sepi, apalagi ketika weekend.

Day 3

02.00 – 03.00      Kuliner dini hari (Gudeg Ceker Margoyudan)
10.00 – 12.00      Mengunjungi Pasar Triwindu
13.00 – 16.00       Check out, kembali ke Semarang

TIPS

  • Gudeg Ceker Margoyudan berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi, Margoyudan. Yang unik dari gudeg ini adalah open hour-nya, yaitu buka dari jam 01.30-07.00 pagi. Meskipun buka di dini hari, gudeg ini tak pernah sepi pengunjung lho. Malah kalau kalian datang ketika matahari sudah nongol, bisa jadi gudegnya sudah habis. Hehehe.

    Solo 7
    Pakai foto orang lain, soalnya dulu ga sempet moto sendiri 😀
  • Pasar Triwindu menyediakan beraneka ragam barang-barang antik dan kuno. Bagi para kolektor barang antik, pasar ini adalah sentranya untuk menambah koleksi kalian. Harga barang boleh ditawar, bahkan katanya bisa barter. Pasar Triwindu berlokasi di daerah Keprabon, masih di pusat kota Solo.

    Solo 6
    Aselik banyak yang pingin dibawa pulang!

Bagaimana? Lumayan membantu kan untuk menyiapkan piknik kalian ke Solo? Hati-hati, berkunjung ke Solo artinya kalian harus siap jatuh cinta dengannya. Hihihi. Salam piknik.

Advertisements

3 thoughts on “Itinerary 3 Hari 2 Malam di Solo”

  1. …Coba kalo ditambahin dengan rincian biaya2 pengeluarannya, keren nih buat gw yg mau backpacker-an romantis berdua sama pasangan. Jadi bisa nyesuaikan timing & budget yg cuma 3hari 2malam

    Udah gw bookmark nih, mantap itinerary-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s