Piknik ke Ragunan


Demi apa hampir lima tahun hidup di ibukota tapi belum pernah sekalipun berkunjung ke Ragunan? Ya begitulah, terkadang yang dekat malah terasa jauh. Yang jauh, udah tahu jauh, tetep aja didatengin. Hehehe. Padahal jarak antara tempat tinggal kami dan Ragunan itu amat sangatlah dekat lho. Tapi entah, kok ya malah belum pernah silaturahmi ke sana.

Kalau saja tante kecilnya Launa nggak cerita kalau Sabtu kemarin mau jalan-jalan ke Ragunan, mungkin kami sekeluarga juga nggak akan kepikiran main ke sana.

Ragunan 1
Disambut burung pelikan

Demi berhemat ongkos, kami niat bawa bekal dari rumah. Nggak perlu yang macem-macem, cukup bawa pecel, tempe goreng tepung, lele goreng, dan kerupuk. Makanan merakyat banget, murah meriah, dan tentunya bikin kenyang.

Sampai di Ragunan, bisa dipastikan ruamee sekali. Secara weekend ya, dan Ragunan tentu menjadi salah satu pilihan wisata keluarga di akhir pekan. Kalau kata Fandi, Ragunan tuh lebih banyak orangnya ketimbang hewannya. Ya iyalah.

Ragunan 3
Salah satu sudut Kebun Binatang Ragunan

Saya sempat takjub lho, karena ternyata Ragunan itu sangat luas! Ketika saya googling, luas Ragunan mencapai 140 hektar! Berapa kali berapa meter itu ya? Yang pasti sangat cukup membuat betis lelah, apalagi sambil gantian gendong Launa. Eh untungnya saya sudah pakai baby carrier dari i-angel, inovator dan pioneer pertama pembuat hip-seat carrier product di dunia. (Paragraf ini tidak mengandung promosi) Karena anak digendong dalam posisi duduk, berat anak akan terdistribusi dengan baik. Pundak saya jadi nggak berasa pegel-pegel lagi deh. Coba kalau masih pakai gendongan lama, pegelnya bakal kaya apa tuh. Hihihi.

Ragunan 2
Mau ke mana?

Kalau mau nggak capek, kalian bisa sewa sepeda di sana. Sewa sepeda singel Rp10,000 per jam, sewa sepeda tandem Rp15,000 per jam. Murah kan?

Ragunan juga lumayan sejuk, karena kanan kiri depan belakang masih penuh dengan pepohonan. Udara terasa segar. Tanah yang dipijak pun masih banyak yang berlumut. Artinya, kelembaban di lokasi itu masih tergolong tinggi.

Ragunan 5
Banyak pohon

Karena saking luasnya, kami nggak sempat mengunjungi satu per satu hewan-hewan di sana. Tante kecil pun sepertinya juga nggak akan kuat kalau diajak keliling ke seluruh penjuru kebun. Kami hanya sempat ketemu burung pelikan, gajah, orang utan, ayam ketawa, buaya, beruang madu, dan binturong.

Ragunan 4
Excited banget sama ayam -___-

Di sana Launa juga sempat mainan tanah lho. Dan itu kali pertamanya dia duduk klekaran di tanah, menyatu dengan bumi. Halah. Awalnya dia sempat nggak mau, kakinya jinjit-jinjit saat dititah. Tapi karena lihat tante kecil mainan tanah juga, dia pun akhirnya mau. Ndlesor lah akhinya dia. Sampai-sampai tanahnya mau ikutan di makan.

Ragunan 7
Bercengkrama dengan alam

Bekal yang kami bawa ludes tanpa sisa.

Siapa yang ngludesin?

… S-A-Y-A …

Lho kok?

… Soalnya saya laper, busui pula. Wajarlah kalau makannya banyak. …

Tapi memang keitungnya jadi hemat banget deh. Coba kalau kami nggak bawa bekal dari rumah. Habis berapa duit sendiri cuma untuk makan siang dan jajan doang. Heuheu. Dasar emak-emak irit!

Ragunan 6
Sikat!!

Di Ragunan banyak pula persewaan tikar. Harga sewa sepuasnya hanya Rp15,000. Berhubung kami berniat mau hemat, kami bawa tikar dari rumah. Mana pinjam om kecil pula tikarnya. Nggak modal banget deh kami ini. Hahaha. Tapi ternyata tikar yang dibawa nggak muat untuk duduk dua keluarga. Jadi, ujung-ujungnya kami tetep sewa tikar. Nggak jadi hemat deh.

Intinya, ini piknik yang mendadak dan singkar banget. Diceritakannya pun singkat. Sayanya aja yang lagi kangen nulis, tapi berasa mentok di kalimat dan kata-kata. Padahal ada setrikaan menunggu dieksekusi. Jadwal buat nyetrika, malah dipakai untuk ngetik nggak jelas. Jadilah begini deh, ceritanya asal-asalan. Yang penting bisa untuk posting tulisan dan foto anyar. Hehehe. Tetep lah ya, biar blog ini tetep up to date dan eksis! Wkwkwk.

Salam Piknik!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s